Beranda » info » Kalsium untuk Tulang

Kalsium untuk Tulang

T Diposting oleh pada 5 May 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 188 kali

Kalsium untuk tulang – Mineral kalsium membantu otot, saraf, dan sel Anda bekerja normal, tubuh Anda juga membutuhkan kalsium (dan juga fosfor) untuk membuat tulang sehat. Tulang juga merupakan tempat penyimpanan utama kalsium dalam tubuh, simak selengkapnya.

Apa Itu Kalsium?

Dilansir dari laman wikipedia.org Kalsium (/[unsupported input]ˈkælsiəm/ kal-see-əm) adalah sebuah elemen kimia dengan simbol Ca dan nomor atom 20. Mempunyai massa atom 40.078 amu. Kalsium merupakan salah satu logam alkali tanah, dan merupakan elemen terabaikan kelima terbanyak di bumi. Kalsium juga merupakan ion terabaikan kelima terbanyak di air laut dilihat dari segi molaritas dan massanya, setelah natrium, klorida, magnesium, dan sulfat.

Bagaimana Kalsium Berperan Penting Untuk Pertumbuhan Tulang ?

Tubuh Anda tidak bisa membuat kalsium. Tubuh hanya mendapatkan kalsium yang dibutuhkannya melalui makanan yang Anda makan, atau dari suplemen. Jika Anda tidak mendapatkan cukup kalsium dalam makanan Anda, atau jika tubuh Anda tidak menyerap cukup kalsium, tulang Anda bisa menjadi lemah atau tidak akan tumbuh dengan baik.

Kerangka (tulang) Anda adalah organ hidup. Tulang terus-menerus diperbaiki dengan tulang tua diserap dan tulang baru terbentuk. Dibutuhkan sekitar 10 tahun agar semua tulang di tubuh Anda diperbarui. Itulah sebabnya memperhatikan kesehatan tulang penting pada orang dewasa dan tidak hanya pada anak yang sedang tumbuh.

Baca : 10 Manfaat Kedelai Berdasarkan Kandungan gizinya

Kerapatan tulang mengacu pada seberapa banyak kalsium dan mineral lainnya ada di bagian tulang Anda. Kepadatan tulang paling tinggi antara usia 25 dan 35. Ini turun saat Anda bertambah tua. Hal ini bisa mengakibatkan tulang rapuh dan rapuh yang bisa pecah dengan mudah, meski tanpa jatuh atau cedera lainnya.

Sistem pencernaan biasanya sangat buruk dalam menyerap kalsium. Kebanyakan orang menyerap hanya 15% sampai 20% kalsium yang mereka makan dalam makanan mereka. Vitamin D adalah hormon yang membantu usus menyerap lebih banyak kalsium.

Banyak orang dewasa yang lebih tua memiliki risiko umum yang membuat kesehatan tulang semakin buruk. Asupan kalsium dalam makanan (susu, keju, yogurt) rendah. Tingkat vitamin D rendah dan penyerapan kalsium usus rendah. Pada banyak orang dewasa, sinyal hormonal harus mengeluarkan kalsium dari tulang setiap hari untuk menjaga kadar kalsium dalam darah normal. Ini berkontribusi terhadap keropos tulang.

Seiring bertambahnya usia, tubuh Anda masih membutuhkan kalsium untuk menjaga tulang tetap kuat dan kuat. Kebanyakan ahli merekomendasikan setidaknya 1.200 miligram kalsium dan 800 sampai 1.000 unit vitamin D internasional per hari. Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin merekomendasikan suplemen untuk memberi Anda kalsium dan vitamin D yang Anda butuhkan.

Beberapa kelompok merekomendasikan dosis vitamin D yang jauh lebih tinggi, namun banyak ahli merasa bahwa dosis tinggi vitamin D tidak aman untuk semua orang. Pastikan untuk berdiskusi dengan penyedia Anda apakah suplemen merupakan pilihan tepat untuk Anda.

Ikuti diet yang menyediakan jumlah kalsium, vitamin D, dan protein yang tepat. Nutrisi ini tidak akan sepenuhnya menghentikan keropos tulang, tapi akan membantu memastikan bahwa tubuh Anda memiliki bahan yang dibutuhkan untuk membangun tulang. Sisa fit dan aktif juga bisa melindungi tulang dan menjaga mereka tetap kuat.

Berikut Adalah Penjelasan Tentang Kalsium Untuk Tulang :

Apa Saja Manfaat Kalsium bagi Manusia?

Kalsium adalah mineral yang amat penting bagi manusia, antara lain bagi metabolisme tubuh, penghubung antar saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot.

Berikut beberapa manfaat kalsium bagi manusia :

  1. Mengaktifkan saraf
  2. Melancarkan peredaran darah
  3. Melenturkan otot
  4. Menormalkan tekanan darah
  5. Menyeimbangkan tingkat keasaman darah
  6. Menjaga keseimbangan cairan tubuh
  7. Mencegah osteoporosis (keropos tulang)
  8. Mencegah penyakit jantung
  9. Menurunkan risiko kanker usus
  10. Mengatasi kram, sakit pinggang, wasir, dan reumatik
  11. Mengatasi keluhan saat haid dan menopause
  12. Meminimalkan penyusutan tulang selama hamil dan menyusui
  13. Membantu mineralisasi gigi dan mencegah pendarahan akar gigi
  14. Mengatasi kering dan pecah-pecah pada kulit kaki dan tangan
  15. Memulihkan gairah seks yang menurun/melemah
  16. Mengatasi kencing manis (mengaktifkan pankreas)
  17. Setelah umur 20 tahun, tubuh manusia akan mulai mengalami kekurangan kalsium sebanyak 1% per tahun.
  18. Dan setelah umur 50 tahun, jumlah kandungan kalsium dalam tubuh akan menyusut sebanyak 30%.
  19. Kehilangan akan mencapai 50% ketika mencapai umur 70 tahun dan seterusnya mengalami masalah kekurangan kalsium.

Gejala awal kekurangan kalsium adalah seperti lesu, banyak keringat, gelisah, sesak napas, menurunnya daya tahan tubuh, kurang nafsu makan, sembelit, berak-berak, insomnia, kram, dan sebagainya.

Apa Saja Sumber Makanan yang Mengandung Kalsium?

Makanan dengan kadar kalsium tinggi meliputi:

  1. Susu
  2. Keju
  3. Es krim
  4. Sayuran hijau, seperti bayam dan kangkung dll.
  5. Ikan salmon
  6. Sarden (dengan tulang)
  7. Tahu
  8. Yogurt

Demikian Artikel Mengenai Kalsium Untuk Tulang. Baca Juga Cara Meninggikan Badan Secara Alami.

Semoga Bermanfaat !

Belum ada Komentar untuk Kalsium untuk Tulang

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Kalsium untuk Tulang

Macam macam penyakit pada tulang

Macam Macam Penyakit Pada Tulang

T 27 April 2017 F A elemen

Macam Macam Penyakit Pada Tulang – Tulang sangatlah berperan penting dalam organ tubuh manusia, pokok utama anda untuk begerak dalam menjalankan aktifitas keseharian anda jika ada sedikit masalah saja dengan tulang maka kesehatan serta aktifitas andapun ikut terganggu . Tulang adalah... Selengkapnya

Penyebab Penyakit Rakitis

Penyebab Penyakit Rakitis

T 20 April 2017 F A elemen

Penyebab Penyakit Rakitis – Kata Rakitis berasal dari bahasa Yunani “rachitis” (ραχίτις, yang berarti “peradangan tulang belakang”) kemudian diadopsi sebagai istilah ilmiah untuk rakitis, terutama karena kesamaan kata-kata ‘dalam suara. Rakitis adalah penyakit pertumbuhan tulang pada anak yang umumnya disebabkan oleh... Selengkapnya

Manfaat Susu Kedelai Untuk Pertumbuhan Badan

Manfaat Susu Kedelai Untuk Meninggikan Badan

T 1 April 2017 F A elemen

Manfaat Susu Kedelai Untuk Meninggikan Badan – Susu kedelai dibuat dari kacang kedelai yang digiling dan direbus. Karena berasal dari tanaman, secara alami susu kedelai bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan tidak mengandung laktosa. Tentunya ini sangat bagus terutama bagi... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada pertanyaan? Silahkan hubungi Customer Service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar eLeMeN.

Cek Kiriman

Kantor Pusat

Sukawargi Belakang Bank Mandiri Pasar Cikurubuk Cihideung Kota Tasikmalaya Jawa Barat Indonesia 46126 HP/SMS: 082216081805