Beranda » info » Inilah Fakta Fakta Seputar Vitamin K

Inilah Fakta Fakta Seputar Vitamin K

T Diposting oleh pada 11 March 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 256 kali

Inilah Fakta Fakta Seputar Vitamin K Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak yang paling terkenal karena peran penting yang dimainkannya dalam pembekuan darah. Namun, vitamin K juga sangat penting untuk membangun tulang yang kuat, mencegah penyakit jantung, dan menstabilkan proses dalam  tubuh.

Inilah Fakta Fakta Seputar Vitamin K

Inilah Fakta Fakta Seputar Vitamin K

Bahkan, vitamin K kadang-kadang disebut sebagai “vitamin dilupakan” karena manfaat utama yang sering diabaikan.

Inilah Fakta Fakta Seputar Vitamin K

Apa Itu K?

Dilansir dari wikipedia :

 Vitamin K (K dari “Koagulations-Vitamin” dalam Bahasa Jerman dan Bahasa Denmark) merujuk pada sekelompok vitamin lipofilik dan hidrofobik yang dibutuhkan untuk modifikasi pascatranslasi dari berbagai macam protein, seperti dalam proses pembekuan darah. Secara kimia vitamin ini adalah turunan 2-metil-1,4-naftokuinona. Vitamin K bersifat tahan panas, tetapi akan segera rusak apabila terpapar senyawa asam, basa, dan cahaya matahari.

Vitamin K merupakan istilah umum yang mencakup sekelompok senyawa yang larut dalam lemak terkait kimia yang dikenal sebagai naphthoquinones. 

Hal ini penting karena lemak makanan diperlukan untuk penyerapan vitamin ini. Oleh karena itu, agar tubuh Anda untuk menyerap vitamin K secara efektif, Anda perlu makan beberapa lemak bersama dengan itu.

Kelompok ini mencakup vitamin K, K1, K2, dan K3.

Tiga Jenis Vitamin K Mana yang Terbaik?

Ketiga jenis vitamin K adalah sebagai berikut:

  1. Vitamin K1, atau phylloquinone, ditemukan secara alami pada tanaman, sayuran terutama hijau, K1 pergi langsung ke hati Anda dan membantu Anda mempertahankan pembekuan darah yang sehat
  2. Vitamin K2, juga disebut menaquinone, dibuat oleh bakteri yang melapisi saluran gastrointestinal anda. K2 akan langsung ke Anda dinding pembuluh darah, tulang, dan jaringan selain hati Anda
  3. Vitamin K3, atau menadione, adalah bentuk sintetis, tidak disarankan untuk digunakan pada bayi. Perlu diperhitungkan kandungan racun yang ada, apabila bayi ingin disuntik dengan vitamin sintetis K3 ini. 

Vitamin K yang disarankan untuk suplementasi adalah vitamin K2, yang alami dan tidak beracun, bahkan mengandung 500 kali RDA.

Vitamin K2, yang dibuat dalam tubuh Anda dan juga diproduksi oleh makanan fermentasi, adalah bentuk unggul dari vitamin K. Meningkatkan K2 Anda dengan mengkonsumsi lebih banyak makanan fermentasi adalah cara yang paling diinginkan untuk meningkatkan tingkat Nutrisi vitamin K Anda.

Makanan yang tertinggi di vitamin K2 alami adalah tempe, yang merupakan bentuk dari fermentasi kedelai yang dikonsumsi di indonesia.

Seberapa manfaat Vitamin K2 bagi tubuh?

  • Vitamin K2 Mampu melindungi jantung

Vitamin K2 membantu mencegah pengerasan pembuluh darah, yang merupakan faktor umum dalam penyakit arteri koroner dan gagal jantung. Penelitian menunjukkan vitamin K2 dapat membantu untuk menjaga kalsium keluar dari lapisan arteri dan jaringan tubuh lainnya, di mana ia dapat menyebabkan keruksakan. Studi terbaru menunjukkan itu vitamin K2, bukan K1, dalam hubungannya dengan vitamin D, yang mencegah kalsifikasi pada arteri koroner Anda, sehingga mencegah penyakit kardiovaskular.

  • Vitamin K2 Mampu mencegah Osteoporosis

Cara terbaik untuk mencapai kesehatan tulang adalah makanan yang kaya nutrisi vitamin k dan segar, seluruh makanan mentah yang memaksimalkan mineral alami sehingga tubuh Anda memiliki bahan baku yang dibutuhkan untuk melakukan apa yang dirancang untuk menjaga kesehatan dan nutrisi yang dibutuhkan.

Vitamin K2 adalah salah satu intervensi gizi yang paling penting untuk meningkatkan kepadatan tulang anda. Ini berfungsi sebagai biologis “lem” yang membantu pasang kalsium dan mineral penting lainnya ke dalam matriks tulang Anda.

Ada beberapa penelitian yang luar biasa tentang efek protektif dari vitamin K2 terhadap osteoporosis:

  1. Sejumlah percobaan Jepang telah menunjukkan bahwa vitamin K2 benar-benar membalikkan kehilangan tulang dan dalam beberapa kasus bahkan meningkatkan massa tulang pada penderita osteoporosis.
  2. Bukti yang dikumpulkan dari tujuh percobaan Jepang menunjukkan bahwa suplementasi vitamin K2 menghasilkan pengurangan 60 persen di patah tulang belakang dan pengurangan 80 persen di pinggul dan patah tulang non-vertebral lainnya.
  3. Para peneliti di Belanda menunjukkan vitamin K2 adalah tiga kali lebih efektif dari vitamin K1 dalam meningkatkan osteocalcin, yang mengontrol pembangunan tulang.

Kekuatan tulang anda tergantung pada lebih dari sekedar kalsium. tulang anda sebenarnya terdiri dari lebih dari mineral adozen.

Jika Anda fokus hanya pada kalsium, Anda mungkin akan melemahkan tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis, seperti Dr. Robert Thompson menjelaskan dalam bukunya The Kalsium Lie.

Ini lebih mungkin tubuh Anda dapat menggunakan kalsium benar jika itu diturunkan dari tanaman kalsium.

Sumber yang baik termasuk susu mentah dari sapi yang memakan tanaman yang kaya kalsium dan sayuran berdaun hijau yang kaya nutrisi.

  • Vitamin K Mampu mencegah kanker

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin K1 dan K2 yang efektif melawan kanker. Pertimbangkan hal berikut:

Salah satu penelitian yang diterbitkan pada bulan September 2003 di International Journal of Oncology, menemukan bahwa mengobati pasien kanker paru-paru dengan vitamin K2 memperlambat pertumbuhan sel kanker, dan penelitian sebelumnya telah menunjukkan manfaat dalam mengobati leukemia.

 

Pada tahun 2008, sebuah riset di Jerman menemukan vitamin K2 memberikan perlindungan substansial terhadap kanker prostat, salah satu jenis kanker yang paling umum di antara pria di Amerika Serikat. Menurut Dr. Vermeer, pria yang mengkonsumsi jumlah tertinggi K2 memiliki kanker prostat sekitar 50 persen lebih sedikit.

Vitamin K juga telah ditemukan bermanfaat dalam memerangi limfoma non-Hodgkin, usus besar, lambung, nasofaring, dan kanker mulut.

Mengapa vitamin K sangat diperlukan?

Vitamin K merupakan nutrisi penting yang diperlukan untuk menanggapi cedera itu dalam mengatur pembekuan darah normal.

Selain itu, dengan membantu pengangkutan kalsium ke seluruh tubuh, Vitamin K juga membantu untuk kesehatan tulang: mungkin mengurangi keropos tulang, dan mengurangi risiko patah tulang.

Hal ini juga dapat membantu untuk mencegah pengapuran arteri dan jaringan lunak lainnya.

Apa tanda-tanda dari kekurangan Vitamin K?

Meskipun jarang, kekurangan vitamin K dapat menyebabkan pembekuan darah yang rusak, meningkatkan perdarahan dan osteoporosis.

Gejala termasuk mudah memar, perdarahan gastrointestinal, perdarahan menstruasi yang berlebihan dan darah dalam urin.

Mereka yang paling berisiko untuk kekurangan vitamin K termasuk orang dengan kekurangan gizi kronis, orang-orang dengan ketergantungan alkohol, dan orang dengan kondisi kesehatan yang membatasi penyerapan vitamin makanan.

Seperti ditulis di Maret 2004 Life Extension magazine, para peneliti telah menemukan banyak manfaat lain dari vitamin K termasuk:

  1. Kekurangan vitamin K2 dapat menjadi faktor yang berkontribusi terhadap penyakit Alzheimer, dan suplemen vitamin K2 dapat membantu dalam mencegah itu
  2. Vitamin K2 meningkatkan sensitivitas insulin, orang-orang yang mendapatkan sebagian besar vitamin K2 dari makanan mereka sekitar 20 persen lebih mungkin mengembangkan diabetes tipe 2
  3. Vitamin topikal K dapat membantu mengurangi memar
  4. Vitamin K dapat memiliki sifat antioksidan

Berapa banyak dan jenis yang dewasa butuhkan?

Orang dewasa dan anak-anak yang makan diet seimbang yang mencakup makanan yang tercantum di bawah ini akan mendapatkan cukup vitamin K, dan tidak perlu suplemen. Orang-orang yang dapat mengambil manfaat dari vitamin K tambahan adalah bayi (yang biasanya mendapatkan suntikan vitamin K saat lahir) dan orang-orang dengan penyakit pencernaan.

Berapa banyak kadar vitamin k yang anak butuhkan?

Dalam upaya untuk mencegah “penyakit hemoragik pada bayi baru lahir,” juga dikenal sebagai vitamin K defisiensi perdarahan atau VKDB, suntikan vitamin K1 dapat diberikan untuk bayi baru lahir dan bayi muda. Jika tidak, sumber makanan harus mengisi setiap kebutuhan sehari-hari.

Bagaimana anda mendapatkan Vitamin K dari makanan?

Vitamin K berlimpah dalam teh hijau, sayuran hijau, seperti Swiss chard, kale, peterseli dan bayam, brokoli dan kembang kol, kubis, hati, minyak kedelai dan dedak gandum.

Fermentasi susu, termasuk yogurt, keju, dan kedelai yang difermentasikan termasuk miso dan natto, memberikan K2, yang sangat membantu dalam meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang.

Mereka dengan osteoporosis atau osteopenia harus mempertimbangkan melengkapi 50 sampai 100 mcg (mikrogram) dari K2, dan makan makanan yang kaya vitamin K.

Makanan apa saja yang mengandung tinggi vitamin k ?

Sayuran yang Mengandung Vitamin K :

1. Daun Selada
2. Daun Bayam
3. Kembang Kol
4. Brokoli
5. Kentang
6. Asparagus
7. Kubis
8. Sawi Hijau

Buah-Buahan yang Mengandung Vitamin K :

1. Buah Blueberi
2. Buah Anggur
3. Buah Alpukat
4. Buah Kiwi

Makanan Sumber Vitamin K Lainnya :

1. Hati Sapi
2. Kacang Polong
3. Kacang Kedelai

Apakah ada risiko yang terkait dengan terlalu banyak mengkonsumsi vitamin K?

Meskipun tidak ada toksisitas dikenal terkait dengan vitamin K, dosis tinggi dapat menyebabkan mati rasa atau kesemutan pada ekstremitas.

Apakah ada pertimbangan khusus lainnya?

Orang yang memakai antikoagulan resep, yang sengaja mengganggu peran vitamin K, perlu memonitor asupan makanan mereka dari vitamin K yang mengandung makanan erat, dan harus tidak pernah mengambil suplemen vitamin K.

Vitamin K suplemen selama kehamilan (di luar asupan makanan normal) dapat meningkatkan risiko penyakit kuning pada bayi baru lahir. Vitamin K tertelan oleh ibu menyusui umumnya dianggap aman.

dosis tinggi aspirin dan kina dapat meningkatkan kebutuhan vitamin K; antasida dapat menurunkan penyerapan vitamin K, dan vitamin K dapat menurunkan efek pengencer darah dari beberapa herbal termasuk alfalfa, ginseng Amerika, adas manis, seledri, chamomile, berangan kuda dan semanggi merah.

Itulah fakta-fakta seputar vitamin k semoga bermanfaat.

Inilah Fakta Fakta Seputar Vitamin K

Inilah Fakta Fakta Seputar Vitamin K

Inilah Fakta Fakta Seputar Vitamin K

Belum ada Komentar untuk Inilah Fakta Fakta Seputar Vitamin K

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Inilah Fakta Fakta Seputar Vitamin K

10 Perbedaan Obat dan Suplemen

10 Perbedaan Obat dan Suplemen

T 16 May 2017 F A elemen

10 Perbedaan Obat dan Suplemen – Obat dan suplemen bisa memiliki bentuk yang sama: pil, kapsul, atau tablet. Namun kita tidak bisa menyamakan keduanya, menganggap bahwa keduanya adalah pilihan tepat untuk dikonsumsi saat kita sakit. Beberapa suplemen, termasuk keluaran-keluaran High-Desert,... Selengkapnya

Manfaat Susu Kedelai Untuk Pertumbuhan Badan

Manfaat Susu Kedelai Untuk Meninggikan Badan

T 1 April 2017 F A elemen

Manfaat Susu Kedelai Untuk Meninggikan Badan – Susu kedelai dibuat dari kacang kedelai yang digiling dan direbus. Karena berasal dari tanaman, secara alami susu kedelai bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan tidak mengandung laktosa. Tentunya ini sangat bagus terutama bagi... Selengkapnya

10 Efek Samping Obat Peninggi Badan untuk Kesehatan Tubuh Anda

T 29 January 2017 F A elemen

Memiliki tubuh yang ideal dengan berat badan dan tinggi badan yang seimbang tentu akan membuat Anda merasa sangat senang. Dan sekarang banyak sekali jenis obat peninggi badan yang dijual secara bebas tanpa membutuhkan resep dokter. Terkadang obat ini dijual bebas... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada pertanyaan? Silahkan hubungi Customer Service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar eLeMeN.

Cek Kiriman

Kantor Pusat

Sukawargi Belakang Bank Mandiri Pasar Cikurubuk Cihideung Kota Tasikmalaya Jawa Barat Indonesia 46126 HP/SMS: 082216081805