Beranda » info » 15 Faktor Penghambat Pertumbuhan Tinggi Badan

15 Faktor Penghambat Pertumbuhan Tinggi Badan

T Diposting oleh pada 5 April 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 3253 kali

15 Faktor Penghambat Pertumbuhan Tinggi Badan – Tinggi badan merupakan hal penting dalam menunjang penampilan kita. Ketika seseorang memiliki tinggi badan ideal maka akan menambah porsi nilai plus dalam penampilan seseorang. Tinggi badan juga memberikan suntikan rasa percaya diri yang luar biasa. Oleh karena itu banyak orang berlomba-lomba melakukan bermacam cara untuk menambah tinggi badan mereka, mulai dari hal sederhana sampai hal yang rumit pun rela dilakukan.

Faktor Penghambat Pertumbuhan

Merokok – Salahsatu Faktor Penghambat Pertumbuhan

Inilah 15 Faktor Penghambat Pertumbuhan Tinggi Badan

Faktor Penghambat Pertumbuhan Tinggi Badan #1

Masalah Hormon HGH

HGH (Human Growth Hormone) adalah hormon pertumbuhan manusia yang bertanggung jawab dalam menangani pertumbuhan tiap orang sejak kecil hingga tumbuh dewasa. Perbedaan tanggung jawab dari hormon ini terlihat saat usia manusia sudah dewasa, tugasnya tidak lagi menunjang pertumbuhan, melainkan menjaga organ tubuh agar tetap pada kondisi prima.

Hormon HGH diproduksi oleh kelenjar pituitary yang terletak di bawah otak manusia. Kelenjar ini berukuran kecil, bila diibaratkan hanya sebesar kacang kedelai. Memang kecil, namun kelenjar pituitary merupakan pusat kelenjar yang paling banyak memproduksi hormon pada tubuh manusia. Produksi hormon HGH dapat memengaruhi produksi hormon-hormon lain di dalam tubuh.

Karena HGH adalah hormon yang bertanggung jawab atas pertumbuhan tubuh manusia, maka bisa ditarik kesimpulan bila hormon pertumbuhan ini terproduksi dalam jumlah cukup, maka pertumbuhan Anda akan semakin baik, begitupun sebaliknya. Untuk menjaga agar hormon ini tetap terporduksi dengan baik, Anda bisa melakukan olahraga atau aktivitas fisik, menjauhi konsumsi karbohidrat tinggi indeks glkemik, dan membiarkan tubuh mendapatkan hak untuk istirahat yang cukup.

Faktor Penghambat Pertumbuhan Tinggi Badan #2

Kurangnya Asupan Makanan Bergizi

Tubuh memerlukan asupan makan bergizi karena nutrisi sangat berpengaruh bagi pertumbuhan tubuh. Gizi merupakan hal penting dalam epertumbuhan tulang oleh karenanya pada saat masih bayi, seorang ibu sebaiknya memberi asupan susu yang kaya akan kandunga gizi didalamnya. Kurangnya asupan vitamin, mineral dan juga protein membuat hambatan yang sangat besar pada pertumbuhan tulang. Selain itu, anak pada jaman sekarang sangatlah dekat dengan makanan cepat saji padahal ini sangat tidak baik untuk tubuh. Baca juga : 3 Makanan Penting Untuk Meningkatkan Tinggi Badan.

Baca : 10 Makanan untuk Tulang Kuat dan Padat

Faktor Penghambat Pertumbuhan Tinggi Badan #3

Malas Berolahraga

Olahraga sangatlah penting bagi kesehatan tubuh dan pertumbuhan tinggi badan. Oleh karena itu selain asupan gizi yang kurang pada tubuhnya olahraga yang tidak optimal pun menjadi salah satu hambatan dalam pertumbuhan tinggi badan. Jelas terlihat perbedaannya pada orang yang suka berolahraga seperti sprint, renang atau basket postur tubuh mereka akan jauh lebih tinggi dibandingan dengan orang yang tidak pernah berolahraga. Kurangnnya berolahraga akan memperlambat hormon pertumbuhan pada tubuh.

Baca : 7 Jenis Olahraga Peninggi Badan

Faktor Penghambat Pertumbuhan Tinggi Badan #4

Merokok

Selain memberikan penyakit serius pada tubuh, merokok juga menyebabkan hormon pertumbuhan tidak bekerja dengan sempurna. Sehingga akan menghambat proses pertumbuhan tinggi badan pada nantinya. Kegiatan negatif ini sangat merugikan diri sendiri bahkan orang lain yang ada disekitar si perokok.

Berdasarkan riset dari Columbia University’s Internet Health Resource: mereka yang merokok atau perokok pasif, cenderung lebih pendek dibanding mereka yang tidak merokok.

Faktor Penghambat Pertumbuhan Tinggi Badan #5

Konsumsi Alkohol Berlebih

Berdasarkan Internasional Osteoporosis Foundation (IOF), kebiasaan tidak merokok dan mehindari konsumsi alkohol berlebih merupakan gaya hidup yang penting dilakukan untuk melindungi tulang.

(Sumber: IOF – Prevention).

Faktor Penghambat Pertumbuhan Tinggi Badan #6

Kebiasaan Begadang

Menjadi “manusia nokturnal” terbukti memperlambat tinggi badan. Hal ini dirasakan oleh seorang pria berusia 17 tahun yang saat ini sudah berusia 19 tahun. Selama dua tahun tersebut dia selalu terbiasa menonton film di malam hari. Secara tidak sadar, kebiasaan tersebut menjadikannya berpostur lebih pendek dibanding teman-temannya –bahkan yang berusia lebih muda darinya.

Mungkin keterangan tersebut tidak bisa dijadikan bukti kuat, tetapi coba Anda amati orang-orang yang hobi begadang, jarang dari mereka yang postur tubuhnya tinggi. Alasan begadang dapat menghambat pertumbuhan tulang karena saat malam hari, terutama bila tubuh sedang tidur, sel-sel di dalam tubuh yang sudah mati akan teregenerasi menjadi sel-sel baru. Selain itu, hormon pertumbuhan tinggi badan pun lebih banyak diproduksi saat tubuh beristirahat (tidur).

Faktor Penghambat Pertumbuhan Tinggi Badan #7

Konsumsi Soda & Kafein Berlebih

Selama lebih dari 15 tahun, serangkaian organisasi ilmiah dan organisasi advokasi pasien telah mempelajari apakah minuman bersoda yang mengandung fosfor dan/atau kafein memiliki pengaruh terhadap kesehatan tulang dan menyimpulkan bahwa tidak ada efek negatif pada individu yang sehat, sejauh asupan kalsiumnya mencukupi.

Baca : 9 Akibat Kelebihan Kalsium dalam Tubuh Manusia

Yang menjadi masalah adalah ketika seseorang mengkonsumsi soda dan kafein secara berlebihan dan kurangnya asupan nutrisi kalsium, vitamin D, vitamin K, Posfor itu bisa menghambat proses pembentukan tulang yang mana dalam hal ini bisa merusak struktur tulang dan kekurangan asupan nutrisi.

Faktor Penghambat Pertumbuhan Tinggi Badan #8

Pola Tidur Yang Tidak Teratur

Kafein bisa menjadi penghambat pertumbuhan tubuh karena menyebabkan kualitas tidur menjadi rendah. Kebiasaan begadang menyebabkan pola tidur menjadi tidak teratur akibatnya itu bisa memperlambat proses pertumbuhan tinggi badan. Hormon pertumbuhan hanya dapat bekerja secara maksimal ketika seseorang tertidur, semakin baik kualitas tidur maka hormon pertumbuhan akan bekerja dengan optimal. Rata-rata tidur orang dewasa sekitar 6-8 jam dan anak-anak 10-12 jam, perhatikan juga pola tidur siang anda.

Faktor Penghambat Pertumbuhan Tinggi Badan #9

Kebiasaan Posisi Duduk Yang Salah

Ketika posisi tubuh bungkuk akan menjadi hambatan pada pertumbuhan tulang. Tulang menjadi bungkuk tidak tegak, oleh karena itu posisi duduk, serta posisi tidur juga sangat berpengaruh untuk proses pertumbuhan tinggi badan.

Baca : 5 Kelainan Tulang Akibat Posisi Duduk Yang Salah

Faktor Penghambat Pertumbuhan Tinggi Badan #10

Konsumsi Steroid

Anabolic steroids menghalangi pertumbuhan tulang, juga mengurangi kuantitas sperma, mengecilkan dada, meningkatkan tekanan darah hingga menyebabkan resiko serangan jantung. Anak-anak yang terkena asma dan diobati menggunakan steroid budesonide dengan dosis rendah, memiliki tinggi lebih pendek 1/2 inch dibanding anak-anak yang tidak menggunakan steroid.

Faktor Penghambat Pertumbuhan Tinggi Badan #11

Kurangnya Asupan Yodium

Orang yang kekurangan yodium di masa kecilnya akan berisiko memiliki postur tubuh pendek ketika dewasa. Sebab utama dari masalah ini adalah yodium merupakan bahan baku utama untuk memproduksi hormon tiroid.

Hormon tiroid diproduksi oleh kelenjar tiroid (gondok), terutama sel folikel tiroid. Fungsi dari hormon tiroid adalah sebagai penentu utama laju metabolik tubuh secara keseluruhan. Tidak sampai di situ, hormon tiroid memiliki aktivitas dalam mengelola pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta fungsi saraf.

Faktor Penghambat Pertumbuhan Tinggi Badan #12

Mengidap Sindrom Turner

Menurut Alodokter mengenai Sindrom Turner, ia adalah sebutan penyakit keturunan yang terjadi akibat kelainan kromosom seks. Sindrom Turner hanya dialami oleh wanita. Umumnya bayi yang dilahirkan oleh seorang ibu akan memiliki 23 pasang kromosom. Bayi lelaki memiliki kromoson X dan Y (XY), sementara bayi perempuan memilik dua kromosom X (XX). Masalah sindrom Turner akan dialami oleh wanita yang memiliki satu kromosom X dengan keadaan abnormal atau hilang seluruhnya.

Sindrom Turner dapat berdampak serius yang ditimbulkan oleh berbagai gangguan medis seperti gangguan dalam perkembangan fisik yang salah satunya adalah tinggi badan rendah. Penyakit ini awal mula dilaporkan oleh seorang dokter bernama Henry Turner pada tahun 1938 yang pada akhirnya kondisi ini diberi sebutan sindrom Turner.

Penderita sindrom Turner umumnya memiliki perbedaan gejala. Ciri fisik dari penderita sindrom Turner paling sering ditemukan adalah tinggi badan yang lebih pendek dan ovarium yang kurang berkembang. Ovarium yang kurang berkembang dapat menyebabkan kemandulan dan tidak adanya menstruasi.

Faktor Penghambat Pertumbuhan Tinggi Badan #13

Faktor Genetik

Faktor penyebab tinggi badan tidak bisa bertambah secara optimal yang cukup mempengaruhi diantaranya adalah faktor genetik atau keturunan. Bila orang tua yang memiliki postur kecil, maka akan melahirkan anak yang pada usia dewasanya kemungkinan memiliki postur tubuh yang sama dengan orang tuanya. Sebagian orang memang terbebas dari satu faktor ini, namun tidak pada banyak orang.

Faktor Penghambat Pertumbuhan Tinggi Badan #14

Mengidap Kretinisme

Menurut Wikipedia, kretinisme adalah penyakit hipotiroidisme bawaan yang membawa dampak keterbelakangan mental dan ketidaknormalan pertumbuhan pada anak-anak. Orang yang mengalami kretinisme bisa dilihat dari perawakannya yang pendek akibat kekurangan hormon tiroid dalam tubuh.

Kurangnya kadar tiroid dalam tubuh akan memengaruhi produksi hormon pertumbuhan. Kretinisme bisa hadir sejak lahir yang mana dimulai dengan timbulnya gejala seperti defisiensi mental (IQ rendah), mengalami gangguan pendengaran dan ketika berbicara, memiliki cara berjalan yang jarang dialami oleh manusia normal, mata juling, dan kurangnya massa tulang. Penyakit kretinisme menjadi satu faktor penyebab seseorang sulit memperoleh tinggi badan seperti kebanyakan orang.

Faktor Penghambat Pertumbuhan Tinggi Badan #15

Kebiasaan Membawa Beban Berat

Banyak kabar seliweran yang mengatakan kalau melakukan olahraga angkat beban di pusat kebugaran saat usia pertumbuhan (remaja misalnya), maka akan berdampak pada terhambatnya laju pertumbuhan tinggi badan. Apakah itu benar?

Jawaban dari fenomena tersebut masih banyak yang berlawanan. Untuk itu, sebaiknya Anda mengetahui saja mengenai perkara tersebut. Olahraga memang diperlukan setiap orang untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Biasanya terjadi pada pria saat memasuki usia remaja, dirinya sedang memasuki fase “pencarian jati diri dan perbaikan diri”. Tak jarang dari mereka yang memilih untuk memperbagus bentuk tubuhnya.

Fitness pun menjadi pilihan utamanya. Motivasi datang ketika mereka menonton TV atau menyaksikan video latihan yang dapat membentuk otot di perut dan lain sebagainya, tanpa memikirkan dulu dampak melakukan hal tersebut pada usia remaja.

Ketika remaja, tulang masih akan terus bertumbuh dan bertambah kepadatannya bila didukung dengan kecukupan gizi berupa kalsium, dsb. Bila di waktu muda Anda (yang remaja) terlalu sering melakukan angkat beban yang terlalu berat demi mencapai impian memperoleh bentuk tubuh atletis, maka ada dua kondisi yang bakal Anda terima. Pertama, tubuh Anda kemungkinan akan tampak sempurna ototnya. Kedua, tubuh Anda pendek.

Mengapa pendek? Alasannya karena sebelum mencapai usia maksimal dari pertumbuhan (pria: 25 tahun, wanita 20 tahun), massa tulang akan terus melakukan tumbuh kembang. Sementara pada usia pertumbuhan ini sudah dipakai untuk berolahraga ekstrim yang akan berujung pada terjadinya pengeroposan tulang, pembungkukan, dan pengurangan tinggi badan seseorang. Jadi, tunda dulu impian Anda. Disarankan bila Anda ingin mendapatkan tubuh atletis, maka mulailah program tersebut saat usia 22 tahun.

Itulah beberapa faktor diatas merupakan penghambat pertumbuhan tinggi badan, oleh karenanya tidak adalah salahnya jika mulai dari sekarang perbaiki semua hal agar tidak ada lagi hambatan dalam pertumbuhan tinggi badan.

Selain itu, hati-hati untuk anda yang ingin mengkonsumsi suplemen, ingat kesehatan untuk jangka panjang anda

Baca :

Penuhi asupan gizi harian, rutin berolahraga, beri jeda untuk tubuh beristirahat. jika anda ingin menjalankan program meninggikan badan kami merekomendasikan untuk anda memakai alat terapi tradisional eLeMeN ditambah susu kedelai eLeMeN murni dari kacang kedelai impor pilihan.

Perbandingan Susu Sapi dan  Susu Kedelai eLeMeN

Susu Sapi

  • Mengandung kolesterol
  • Mengandung protein kurang dari yang terdapat dalam telur, daging, ikan dan keju
  • Mengandung protein hewani, mengkonsumsi protein hewani yang berlebihan tidaklah sehat
  • Diduga mengandung cukup kalsium, tetapi tidak dapat mencegah kehilangan kalsium atau tidak cukup mencegah Osteoporosis secara maksimal
  • Cocok untuk anak-anak dan bayi
  • Tidak mengandung Isoflavon
  • Tidak mengandung Phytoestrogen
  • Tidak mengandung Lesitin
  • Tidak mengandung Saponin yang hanya didapat pada Diet Vegetarian

Susu Kedelai eLeMeN

  • Tidak mengandung kolesterol
  • Mengandung protein 11 x lebih tinggi, 3 x lebih banyak dibandingkan telur dan keju
  • Mengandung protein nabati yang sangat dibutuhkan oleh tubuh
  • Mengandung kalsium 3 x lipat
  • Menghasilkan kalsium yang lebih tinggi dan mempertahankan kadar kalsium untuk mencegah pengeroposan tulang atau Osteoporosis
  • Cocok untuk anak-anak dan bayi, juga bagi mereka yang tidak cocok dengan susu sapi
  • Mengandung Isoflavon
  • Mengandung Phytoestrogen
  • Mengandung Lesitin
  • Mengandung Saponin

IJIN DINKES RI P-IRT No.206137101494

Berikut Manfaat Alat Terapi eLeMeN

  • Menambah ketebalan tulang rawan pada Intervertebral Disc dan Epiphyseal.
  • Merangsang pertumbuhan Intervertebral Disc dan Epiphyseal.
  • Tanpa obat-obatan, 100% alami dan memperbaiki sistem metabolisme tubuh Anda.
  • Tanpa efek samping, membuat tubuh Anda lebih sehat dan bugar.
  • Menyeimbangkan porsi tubuh antara tinggi dan berat badan.
  • Mencegah bungkuk udang yang disebabkan posisi salah ketika duduk dan tidur.
  • Mencegah Lordosis, Kifosis dan Skoliosis.
  • Cocok untuk siapa saja, baik bagi yang sudah melewati Masa Pubertas.
  • Mencegah dari kerapuhan tulang atau Osteoporosis di kemudian hari.
  • Mudah dilakukan, tidak memerlukan keahlian khusus, baca dan ikuti panduan yang ada.
  • Disertai dengan Senam Pilates untuk merangsang pertumbuhan pada tulang kaki.

Produk tersebut juga dibekali panduan senam pilates yang bisa merangsang hormon pertumbuhan anda, Anda bisa memesannya di Fortaller.com kemudian klik order dan isi form data diri anda.

Semoga Bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk 15 Faktor Penghambat Pertumbuhan Tinggi Badan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait 15 Faktor Penghambat Pertumbuhan Tinggi Badan

Perbedaan antara si Jangkung dan si Pendek

T 27 January 2017 F A elemen

Ngomong-ngomong masalah percaya diri, kira-kira lebih PEDE mana antara si Jangkung dan  si Pendek? Jawabannya pasti si Jangkung. Seseorang yang berpostur jangkung akan lebih percaya diri, lebih mudah mendapatkan pasangan idaman, lebih meyakinkan dalam memberikan perlindungan kepada pasangannya, lebih mudah... Selengkapnya

Ilizarov Cara Ekstrem Buat Tambah Tinggi Badan

T 27 January 2017 F A elemen

Ada cara  ekstrem buat tambah tinggi badan yang sangat berbahaya dan sangat tidak dianjurkan untuk Anda coba, dengan Ring Fixator Traction Ilizarov, yaitu metode pemanjangan tulang dengan cara mematahkan tulang kering kemudian memasang Ring Fixator pada kedua sisi tulang yang... Selengkapnya

cara meninggikan badan secara sehat tanpa obat

Cara Meninggikan Badan Secara Sehat Tanpa Obat

T 18 March 2017 F A elemen

Cara Meninggikan Badan Secara Sehat Tanpa Obat –  Masih banyak cara meninggikan badan yang aman untuk kesehatan, sekarang banyak obat atau suplemen peninggi badan yang bebas dijual dipasaran, apakah itu aman untuk kesehatan anda? Jika anda mau mengkonsumsinya disarankan konsultasi... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada pertanyaan? Silahkan hubungi Customer Service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar eLeMeN.

Cek Kiriman

Kantor Pusat

Sukawargi Belakang Bank Mandiri Pasar Cikurubuk Cihideung Kota Tasikmalaya Jawa Barat Indonesia 46126 HP/SMS: 082216081805