Beranda » info » 10 Perbedaan Obat dan Suplemen

10 Perbedaan Obat dan Suplemen

T Diposting oleh pada 16 May 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 111 kali

10 Perbedaan Obat dan Suplemen – Obat dan suplemen bisa memiliki bentuk yang sama: pil, kapsul, atau tablet. Namun kita tidak bisa menyamakan keduanya, menganggap bahwa keduanya adalah pilihan tepat untuk dikonsumsi saat kita sakit. Beberapa suplemen, termasuk keluaran-keluaran High-Desert, memang bisa dikonsumsi dalam keadaan sakit maupun sehat, tetapi perbedaan antara obat dan suplemen cukup kentara.

10 Perbedaan Obat dan Suplemen

Ilustrasi Suplemen dan Obat | 10 Perbedaan Obat dan Suplemen

10 Perbedaan Obat dan Suplemen

Pernahkah anda bertanya tanya apa perbedaan antara obat dan suplemen? atau bahkan keduanya sama? Pada kenyataannya obat dan suplemen itu berbeda dari segi fungsi dan kebutuhan. tidak percaya? Berikut adalah 10 perbedaan obat dan suplemen yang berhasil kami rangkum untuk anda.

Perbedaan #1 Obat Menghilangkan Penyakit, Suplemen Mencegahnya

Panyakit  diabetes misalnya. Obat akan dengan cepat menormalkan kadar gula dalam darah. Sementara suplemen biasanya berfungsi untuk memperbaiki fungsi organ pankreas dalam tubuh kita.  Contoh yang lain, bila kita merasa pusing atau sakit kepala. Biasanya kita minum obat sakit kepala.  Beres sudah! Padahal sakit kepala itu bisa saja disebabkan karena kolesterol tinggi. Jadi suplemen biasanya mengatasi dengan cara mereduksi/mengikis kolesterol dalam tubuh kita (pembuluh darah).

Perbedaan #2 Obat dari Bahan Kimia, Suplemen dari Bahan Alami

Kita perlu mengetahui asal dan bahan-bahan dari segala sesuatu yang masuk ke tubuh kita. Pada konteks ini, perbedaan antara obat dan suplemen terletak di bahan keduanya. Obat dibentuk dari bahan-bahan sintetik yang diolah dan diuji coba di laboratorium. Meskipun suplemen juga melalui proses uji coba laboratorium, semua bahan yang membentuk suplemen berasal dari alam.

Baca : 10 Makanan Alami Untuk Menambah Tinggi Badan

Perbedaan #3 Obat Menyisakan Racun, Suplemen Membuang Racun

Inilah perbedaan antara obat dan racun yang berkait dengan poin sebelumnya. Kalau kita mengonsumsi obat secara berlebih, tubuh kita akan dipenuhi oleh racun! Sisa-sisa obat, yang tidak memiliki manfaat apa-apa bagi tubuh, tidak bisa dikeluarkan dari tubuh kita dan akan berubah menjadi racun pada waktunya. Ketika konsumsi suplemen melebihi angka kecukupan harian, beberapa vitamin seperti vitamin larut lemak akan disimpan dalam tubuh untuk mencegah defisiensi dikemudian hari. Vitamin larut air akan dikeluarkan melalui urrin ketika konsumsinya berlebih. Sedangkan ketika konsumsi obat berlebih maka substansi kimia tersebut akan dianggap sebagai zat asing dalam tubuh atau racun sehingga harus dibuang melalui urine atau keringat.

Perbedaan #4 Obat Berefek Samping, Suplemen Bereaksi Awal

Sesuatu yang umum terjadi adalah seperti ini: kita meminum obat sakit kepala, lalu kita merasa mual. Hal itu karena obat selalu memiliki efek samping, walaupun beberapa jenis obat sudah diupayakan untuk memiliki efek samping yang minimal. Suplemen tidak memiliki efek samping.

Yang ada adalah efek ke depan maksudnya setelah penggunaan suplemen secara konsisten maka gizi akan tercukupi maka kualitas kesehatan akan meningkat. Manfaat dari konsumsi suplemen tidak mendatangkan masalah baru. Namun konsumsi suplemen, bisa mendatangkan reaksi awal seperti pusing dan haus.

Jika pusing bisa dipastikan tubuh anda sedang membutuhkan istirahat. Jika haus berarti tubuh anda membutuhkan tambahan cairan. Tidak perlu takut, reaksi awal tersebut adalah tanda dimulainya proses detoksifikasi. Dan perlu diketahui bahwa tidak selalu pengguna suplemen mengalami reaksi awal. Jika ada masalah yang terjadi silahkan berkonsultasi dengan kami.

Baca Juga : Jenis dan Fungsi Vitamin Bagi Tubuh

Perbedaan #5 Obat untuk Orang Sakit, Suplemen untuk Siapa Saja

Kita tidak bisa meminum obat saat tubuh kita baik-baik saja, setidaknya kita tidak dianjurkan untuk itu. Obat hanya untuk orang yang merasa tubuhnya sakit, lalu menerima resep dari dokter sebagai penyembuhnya. Obat lebih cepat menyembuhkan terutama pada gejala penyakit saja. Sedangkan suplemen dapat membantu proses penyembuhan secara bertahap. karena suplemen adalah nutrisi yang berfungsi untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Perbaikan tersebut tentunya memakan waktu.

Perbedaan #6 Obat digunakan Secara Spesifik, Suplemen untuk Siapa Saja

Maksudnya obat sakit maag hanya untuk penderita maag tidak bisa digunakan untuk penderita diabetes. Obat sakit diabetes tidak bisa digunakan untuk penderita sakit lever. Digunakan spesifik untuk penyakit tertentu. Namun suplemen bisa dikonsumsi siapa saja, dalam artian orang yang sakit maupun orang yang sehat.

Suplemen akan membantu menyingkat penyembuhan orang-orang sakit karena kaya akan nutrisi. Konsumsi suplemen yang dilakukan orang-orang sehat akan berdampak baik, yaitu penguatan sistem kekebalan tubuh sehingga mereka terhindar dari penyakit.

Perbedaan #7 Obat terdaftar dengan huruf depan D atau G sedangkan suplemen dengan huruf T

Sesuatu yang masuk ke dalam tubuh kita ini hendaknya perlu dicermati. Apakah yang masuk adalah bahan sintetis yang tergolong sebagai obat ataukah sesuatu yang bersifat alami. Karena hal ini akan berpengaruh pada optimalisasi penggunaan dalam mempertahankan kesehatan atau mempercepat proses pemulihan kesehatan.

Perbedaan #8 Obat Berdosis, Suplemen Tidak Berbatas

Jangan coba-coba meminum obat secara berlebih! Kalau kita diharuskan meminum parasetamol 250 mg empat kali sehari oleh dokter, maka sebatas itulah yang bisa kita terima dan yang akan berdampak baik pada tubuh kita. Konsumsi suplemen berbeda, ia dapat dilakukan dengan kadar yang tidak berbatas. Karena tubuh selalu membutuhkan nutrisi, konsumsi suplemen dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Perbedaan #9 Obat Boleh Dikonsumsi dalam Jangka tertentu, Suplemen Tidak Berbatas

Karena menyisakan racun dan memiliki efek samping maka penggunaan obat ada jangka waktunya. Jika konsumsi obat terus menerus maka ada bagian tubuh yang akan bermasalah, salah satunya adalah GINJAL. Suplemen yang merupakan nutrisi dan memiliki banyak fungsi untuk kesehatan tubuh diperlukan seumur hidup. Seperti halnya makanan, makanan diperlukan seumur hidup. Sayangnya dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya tidak bisa memenuhi kebutuhan tubuh untuk mendapatkan kualitas kesehatan yang baik.

Perbedaan #10 Obat Penghilang Sakit, Suplemen Penyehat Organ

Obat cepat menghilangkan rasa sakit biasanya ditimbulkan karena gejala penyakit tertentu, sementara suplemen memperbaiki kerusakan fungsi organ kita yang menyebabkan kita sakit itu.

Lalu bagaimana dengan obat-obatan dari ramuan tradisional? misalnya rempah-rempah?  Rempah adalah bahan awal dari suplemen (raw material). Jika obat rempah bersifat “bulky”, maka suplemen adalah bentuk ekstraknya.

Baca Juga : Cara Meninggikan Badan Secara Sehat Tanpa Obat

Banyaknya bahan makanan yang mengandung “RACUN” membuat kebutuhan suplemen selalu diperlukan sebagai pendamping asupan gizi untuk kelangsungan hidup ini. Sayur mayur yang disemprot pestisida, beras yang mengandung pemutihan dan perasa, daging yang disuntik ditambah lagi dengan zat additif dari makanan seperti pewarna, perasa, pengawet dan lain-lainnya. So, Suplemen merupakan kebutuhan yang teramat penting hari ini untuk mendapatkan hidup yang berkualitas.

Anda bisa mengecek produk suplemen atau obat yang sudah terdaftar di webnya BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) untuk memastikan produk yang anda beli aman untuk dikonsumsi.

Semoga Bermanfaat !

Belum ada Komentar untuk 10 Perbedaan Obat dan Suplemen

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait 10 Perbedaan Obat dan Suplemen

Manfaat Susu Kedelai Untuk Pertumbuhan Badan

Manfaat Susu Kedelai Untuk Meninggikan Badan

T 1 April 2017 F A elemen

Manfaat Susu Kedelai Untuk Meninggikan Badan – Susu kedelai dibuat dari kacang kedelai yang digiling dan direbus. Karena berasal dari tanaman, secara alami susu kedelai bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan tidak mengandung laktosa. Tentunya ini sangat bagus terutama bagi... Selengkapnya

Kalsium Untuk Tulang

Kalsium untuk Tulang

T 5 May 2017 F A elemen

Kalsium untuk tulang – Mineral kalsium membantu otot, saraf, dan sel Anda bekerja normal, tubuh Anda juga membutuhkan kalsium (dan juga fosfor) untuk membuat tulang sehat. Tulang juga merupakan tempat penyimpanan utama kalsium dalam tubuh, simak selengkapnya. Apa Itu Kalsium? Dilansir... Selengkapnya

60 manfaat berenang untuk kesehatan tubuh

60 Manfaat Berenang Untuk Kesehatan Tubuh

T 12 May 2017 F A elemen

60 Manfaat Berenang Untuk Kesehatan Tubuh – Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan seseorang yang juga merupakan olahraga tanpa gaya gravitasi bumi (non weight barring). Berenang terbilang minim risiko cedera fisik, karena saat berenang seluruh berat... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada pertanyaan? Silahkan hubungi Customer Service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar eLeMeN.

Cek Kiriman

Kantor Pusat

Sukawargi Belakang Bank Mandiri Pasar Cikurubuk Cihideung Kota Tasikmalaya Jawa Barat Indonesia 46126 HP/SMS: 082216081805