Beranda » info » 10 Makanan untuk Tulang Kuat dan Padat

10 Makanan untuk Tulang Kuat dan Padat

T Diposting oleh pada 8 March 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 395 kali

 10 Makanan untuk Tulang Kuat dan Padat – Membangun struktur tulang kuat dan padat bisa didapatkan dari makanan yang mengandung banyak nutrisi yang diperlukan untuk tulang itu sendiri, ketika anda menginginkan tulang yang kuat dan padat tentunya ada dua nutrisi kunci yaitu kalsium dan vitamin D.

10 Makanan untuk Tulang Kuat dan Padat

10 Makanan untuk Tulang Kuat dan Padat

Kalsium mendukung struktur kekuatan tulang dan gigi, sedangkan vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang. Jika Anda ingin terhindar dari penyakit osteoporosis, penyakit yang ditandai dengan tulang rapuh dan pecah dengan mendapatkan banyak kalsium dan vitamin D dapat memperlambat penyakit dan mencegah patah tulang.

10 Makanan Untuk Tulang Kuat dan Padat

Makanan-makanan ini tentunya adalah makanan yang baik dan aman untuk dikonsumsi, ketika kita mendapatkan nutrisi dari 10 makanan ini  tentunya akan berdampak pada kesehatan tulang dan tubuh anda tapi makanan yang baik tentunya harus dikonsumsi dengan baik juga. Karena apapun yang berlebihan itu tidak baik maka anda harus bijak untuk mengatur nutrisi tubuh anda setiap harinya.

Berikut ini adalah 11 Makanan yang menjadikan tulang anda kuat dan padat karena kandungan nya baik untuk kesehatan tulang, apa saja itu? simak ulasannya dibawah ini.

  • Susu

Susu mengandung banyak sekali kalsium dan vitamin D yang dapat menguatkan tulang, sekarang banyak jenis susu yang banyak kita jumpai dipasaran misalnya susu domba, susu kambing, susu kuda, susu kerbau, susu keledai, susu unta, termasuk unta di Amerika Selatan seperti llama, susu yak bahkan buat anda yang vegetarian sekarang ada susu dari kacang-kacangan yaitu susu kacang kedelai yang tidak kalah kandungan nutrisinya dengan susu hewan.

  • Yoghurt

Dikutip dari wikipedia

Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Yoghurt tersedia dalam beraneka macam rasa, rasa alami, rasa buah, rasa vanilla, atau rasa cokelat juga populer.

Semangkuk yoghurt dapat memberi Anda banyak kalsium dan vitamin D. Kedua komponen ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium yang ada di dalam yoghurt juga membantu menjaga kepadatan dan memperkuat tulang sepanjang hidup Anda.

Berikut kandungan Yoghurt per 100 mg :

  •  Jumlah Kandungan Energi Yoghurt = 52 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Yoghurt = 3,3 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Yoghurt = 2,5 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Yoghurt = 4 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Yoghurt = 120 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Yoghurt = 90 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Yoghurt = 0 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Yoghurt = 73 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Yoghurt = 0,04 mg

Dengan demikian, konsumsi yoghurt membuat tulang anda kuat, padat dan bisa untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

  • Keju

Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet. Hasil dari proses tersebut nantinya akan dikeringkan, diproses, dan diawetkan dengan berbagai macam cara.

Dari sebuah susu dapat diproduksi berbagai variasi produk keju. Produk-produk keju bervariasi ditentukan dari tipe susu, metode pengentalan, temperatur, metode pemotongan, pengeringan, pemanasan, juga proses pematangan keju dan pengawetan.

Keju memiliki hampir semua kandungan nutrisi pada susu, seperti protein, vitamin, mineral, kalsium, dan fosfor namun juga lemak dan kolesterol yang dapat menyebabkan masalah kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Karena keju turunan dari susu manfaat untuk menjadikan tulang kuat dan padat sangat besar karena kandungan kalsiumnya.

  • Sarden

Sarden adalah sumber kalsium yang baik dan kaya akan Vitamin D, sangat baik untuk membuat tulang anda kuat dan padat. Dengan olahraga juga dapat memperkuat tulang dan mencegah penyakit seperti osteoporosis di masa depan selain itu manfaat yang bisa anda rasakan dari asupan nutrisi yang baik dan rutin berolahraga adalah tubuh menjadi lebih tinggi, bisa anda baca disini  7 Jenis Olahraga Peninggi Badan

Vitamin-vitamin yang terkandung dalam ikan sarden, seperti vitamin A dalam ikan sardan cukup untuk memenuhi kebutuhan fungsi dasar serta normal pada mata. Lalu vitamin B 12 yang berperan dalam memproduksi sel darah merah, dan membantu menghindari terjadinnya pembekuan darah yang berkaitan dengan kesehatan syaraf.

Dan vitamin D pada ikan sarden berfungsi untuk mempercepat penyebaran kalsium serta menguatkan tulang dan gigi serta mengurangi potensi kangker usus besar.

  • Telur

Telur Ayam khususnya, Kandungan nutrisi telur ayam utuh mengandung lebih dari 90% kalsium dan zat besi pada kuning telurnya dan satu telur mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi dan 9 asam amino esensial yang baik untuk tubuh.

Kandungan nutrisi telur dikemas dengan zat besi, zinc dan mineral fosfor . Wanita membutuhkan banyak zat besi akibat mengalami menstruasi. Zinc menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Fosfor sangat penting untuk kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi.

Satu telur kecil mengandung beberapa vitamin yang penting yaitu:

  1. Vitamin B2 yang membantu tubuh Anda memecah makanan menjadi energi
  2. Vitamin B12 yang sangat penting untuk memproduksi sel darah merah
  3. Vitamin A yang sangat bagus untuk mata
  4. Vitamin E yang bertempur melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan sel dan dapat menyebabkan kanker.
  5. Vitamin D alami yang membuat tulang kuat, padat dan sehat tentunya.
  • Ikan Salmon

Manfaat salmon bersama dengan ikan sarden, makarel,herring, halibut dan ikan cod merupakan sumber omega 3  ​​(EPA & DHA). Sebagai jenis makanan yang dianggap super food ini  akan berfungsi dengan asupan 2 porsi per minggu yang disarankan dari asupan Omega 3.

Vitamin D Ikan Salmon bermanfaat untuk :

  • Baik untuk menjaga kesehatan tulang
  • Mencegah osteoporosis
  • Mencegah kanker kolon dan prostat
  • Merawat kulit

Kandungan nutrisi pada ikan salmon bisa menjaga tulang tetap sehat, kuat dan padat.  Berikut Kandungan Gizi pada Ikan Salmon :

    Omega 3  |  Protein Kualitas Tinggi  |  Asam amino  |  Vitamin A  |  Vitamin D  |  vitamin B6  |  vitamin B  |  vitamin E  |  Kandungan Lainnya dari kalsium, zat besi, seng, magnesium, dan fosfor

  • Bayam

Tahu kan Popeye si pelaut? Begitu kuatnya dia setelah makan bayam. Banyak kandungan nutrisi yang bisa dirasakan manfaatnya oleh tubuh diantaranya adalah Vitamin K.

Bayam mampu menjaga kesehatan tulang karena bayam mengandung vitamin K yang sangat tinggi, dalam setengah cangkir saja sudah memenuhi kebutuhan vitamin K harian.

Vitamin K ini sangat penting untuk mencegah pengeroposan tulang. Selain itu, masih ada mineral lainnya seperti magnesium, seng, tembaga dan fosfor juga membantu menguatkan tulang.

  • Ikan Tuna

Kadar protein pada ikan tuna hampir dua kali kadar protein pada telur yang selama ini dikenal sebagai sumber protein utama. Ikan tuna adalah jenis ikan dengan kandungan protein yang tinggi dan lemak yang rendah.

Ikan tuna mengandung protein antara 22,6 – 26,2 g/100 g daging. Kadar protein per 100 gram ikan tuna dan telur masing-masing 22 g dan 13 g. Konsumsi ikan 30 gram sehari dapat mereduksi risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 50 persen.

Untuk kelompok ikan tuna, bagian ikan yang dapat dimakan berkisar antara 50 – 60 % (Stanby, 1963). Kadar protein daging putih ikan tuna lebih tinggi dari pada daging merahnya.Daging merah ikan adalah lapisan daging ikan yang berpigmen kemerahan sepanjang tubuh ikan di bawah kulit tubuh.

Daging merah mempunyai kandungan mioglobin tinggi, yang diimbangi dengan banyaknya jaringan pengikat dan pembuluh darah, sementara daging putih mempunyai jenis-jenis protein yang berkualitas tinggi.

Ikan Tuna sangat bergizi dan merupakan sumber protein, niacin, selenium, triptofan yang banyak. Ikan Tuna juga kaya akan fosfor, kalium, lemak asam omega-3, magnesium, tiamin, vitamin B6.

Tuna merupakan sumber yang baik dari vitamin D. Tiga ons tuna kaleng mengandung 154 IU, atau sekitar 39% dari dosis harian Anda dari vitamin D yang berasal dari sinar matahari.

  • Sawi

Sawi dengan kandungan nutrisinya dapat menyehatkan tulang, Kandungan vitamin K didalamnya sangat baik untuk menjaga tulang tetap padat. mengkonsumsi vitamin K adalah hal penting untuk kesehatan, karena bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium.

Satu cangkir rebus sawi hijau mengandung :

63 kalori
5 gram protein
1 gram lemak
11 gram karbohidrat (termasuk 8 gram serat dan 1 gram gula)
lebih dari 250% dari kebutuhan harian untuk vitamin A
lebih dari 50 % dari kebutuhan harian untuk vitamin C
26% dari kebutuhan kalsium
12% zat besi
dan 10% dari kedua vitamin B-6 dan magnesium.

Selain itu, sawi hijau merupakan sumber yang sangat kaya vitamin K dan juga mengandung folat, thiamin, niacin, asam pantotenat, choline, fosfor dan kalium.

Satu cangkir rebus sawi hijau memberikan 770 mikrogram vitamin K itu lebih dari 100% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

  • Jus Jeruk

Kandungan Gizi Jeruk

Sudah bukan rahasia lagi jika jeruk dikenal sebagai buah yang banyak mengandung vitamin C. Kandungan vitamin C dalam jeruk bahkan mencapai 53,2 mg per 100 g atau mencukupi 90% kebutuhan harian. Namun tak hanya itu, jeruk juga kaya akan zat bermanfaat lainnya.

Di antaranya termasuk serat pangan pektin, folat, vitamin B1, vitamin A serta antioksidan flavanoid beta karoten, beta cryptoxanthin, zeaxanthin, dan lutein. Jeruk juga mengandung potasium, tembaga, asam pantotenik, dan kalsium dalam jumlah cukup banyak.

Kandungan fitonutrien dalam jeruk sendiri cukup beragam, yakni citrus flavanones, anthocyanins, hydroxycinamic acids, hesperidin, naringin, naringenin, dan berbagai polifenol lainnya. Fitonutrien ini lebih banyak ditemukan pada kulit dan daging buah berwarna putih di bagian dalam jeruk, bukan di cairannya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa asam askorbat dalam jus jeruk dapat membantu penyerapan kalsium, sehingga Anda mungkin lebih untuk mendapatkan manfaat tidak langsung dari minuman ini. Jadi, jeruk bukan sebagai inti tapi sebagai jalan untuk menyerap kalsium lebih maksimal.

Itulah 10 Makanan untuk Tulang Kuat dan Padat, itu hanya sebagian besar yang dirasa efektif karena kandungan nutrisinya yang banyak khususnya untuk kesehatan tulang.

Mengkonsumsinya dengan bijak dan rutin sesuai kebutuhan kalori akan membuat tulang anda kuat dan padat di imbangi dengan olahraga yang rutin tentunya akan menyehatkan dan terhindar dari berbagai penyakit tulang,

Sayangi dan rawat kesehatan tulang anda dari sekarang.

Belum ada Komentar untuk 10 Makanan untuk Tulang Kuat dan Padat

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait 10 Makanan untuk Tulang Kuat dan Padat

Manfaat Susu Kedelai Untuk Pertumbuhan Badan

Manfaat Susu Kedelai Untuk Meninggikan Badan

T 1 April 2017 F A elemen

Manfaat Susu Kedelai Untuk Meninggikan Badan – Susu kedelai dibuat dari kacang kedelai yang digiling dan direbus. Karena berasal dari tanaman, secara alami susu kedelai bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan tidak mengandung laktosa. Tentunya ini sangat bagus terutama bagi... Selengkapnya

5 Kelainan Tulang Akibat Posisi Duduk Yang Salah

T 2 February 2017 F A elemen

Tulang belakang merupakan penyangga tubuh yang menopang sekaligus penghubung antara kaki dan kepala. Tanpa tulang belakang atau kelainan pada tulang belakang maka kita tidak akan dapat melakukan posisi tubuh yang tegap (baik berdiri dan duduk). Kelainan tulang belakang yang terjadi... Selengkapnya

Bahaya Sandal Sepatu High Heels Bagi Kesehatan Wanita

T 28 January 2017 F A elemen

Banyak wanita mengaku senang menggunakan sandal sepatu high heels agar terlihat modis dan gaya. Padahal sebuah studi menunjukkan adanya bahaya yang disebabkan karena sering menggunakan sandal sepatu high heels. Dikutip dari Ezine Articles sebuah studi di Australia menyebutkan adanya bahaya... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada pertanyaan? Silahkan hubungi Customer Service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar eLeMeN.

Cek Kiriman

Kantor Pusat

Sukawargi Belakang Bank Mandiri Pasar Cikurubuk Cihideung Kota Tasikmalaya Jawa Barat Indonesia 46126 HP/SMS: 082216081805